Ramalan Dan Pendangkalan Akidah

*oleh : Alfuzanni, Juara 1 MMQ pada MTQ tingkat Kab. Pelalawan 2014

A. Pendahuluan

      Ramalan saat ini sudah menjadi tren baru. Ramalan bukan hanya datang dari tukang ramal dengan cara bertanya langsung, namun saat ini bisa masuk ke rumah-rumah umat Islam dengan begitu mudah, baik lewat media cetak, TV, atau pun internet. Ramalan yang terupdate  sering diperlihatkan di berbagai media seperti di televisi, radio, majalah, tabloid, koran maupun buku khusus untuk menyuguhkan informasi  mengenai peruntungan, karir, asmara (jodoh), kesehatan ataupun keuangan (rezeki), contohnya seperti iklan ketik REG RAMAL kirim ke 6677 yang ditayangkan oleh para peramal seperti Deddy Corbuzer atau Mama Laurent, maka berbondong-bondong para generasi muda mengirimkan SMS karena ingin mengetahui hasil dari ramalan tersebut, dan mereka terkesan sangat mempercayai hasilnya.
     
      Ramalan-ramalan yang sering terbukti tentu membuat peramalnya terkenal, seperti Mama Laurent, Deddy corbuzer dan lainnya yang dekat dengan Astrologi. Namanya dan ramalan-ramalannya semakin hari semakin tenar seiring dengan semakin nyatanya ramalan-ramalan yang disebutkannya. Padahal itu semua hanya kebohongan belaka.
     
      Fenoma ramalan sepeti ini hadir di  tengah masyarakat muslim sebagai suatu hal baru dan menarik perhatian. Hal baru yang ternyata sudah ada sejak zaman jahiliyah, namun umat Islam banyak yang tidak menyadari bahkan tidak mengetahui itu dikarenakan tidak adanya kepedulian terhadap agama yang diimaninya. Islam secara tegas menyatakan bahwa ramalan itu termasuk syirik dan dosa besar bagi yang mempercayai. Akan tetapi, saat ini umat islam tidak sadar.
     
      Sebagian besar rakyat indonesia mungkin telah tidak asing lagi mendengar kata-kata Sihir, Dukun, ataupun ramalan. Namun banyak diantara mereka tidak tahu dan tidak mau tahu mengenai bagaimana Islam memandang hal tersebut.
     
       Saat ini banyak hal-hal kecil yang nampaknya sepele, akan tetapi mampu mendangkalkan bahkan merusak akidah.  Salah satu contohnya adalah ramalan. Ini merupakan sebuah tantangan tersendiri baik bagi umat Islam dalam sebuah tradisi, masyarakat, alam dan teknologi serta peradaban modern, maupun terhadap diri sendiri (gejolak hawa nafsu).
     
      Dalam mempertahankan akidah yang benar di zaman modern yang serba canggih, umat Islam khususnya generasi muda harus berhadapan dengan kekuatan materialisme, zionisme dan sekularisme yang berusaha mengrogoti akidah umat Islam, ibarat rayap yang hinggap pada sebuah pohon kemudian secara  perlahan-lahan merusak dan membunuh pohon itu.
     
       Dengan adanya fenomena inilah maka penulis tertarik untuk mengupas pembahasan tentang Ramalan dan Pendangkalan Akidah. Semoga pembahasan dalam tulisan ini diharapkan menjadi sumbangan pemikiran dan pencerahan bagi umat Islam dan generasi muda dalam membangun akidah yang benar sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasul Allah dalam Al-Qur’an  dan Sunah  untuk menghadapi persoalan akidah kedepannya.

B. Hakikat Makna Akidah

      Akidah yang menjadi pembahasan pokok pada tulisan ini memiliki hakikat makna yang perlu diperjelas sebagai dasar dalam pembahasan. Akidah secara bahasa berasal dari kata al-'aqdu yang berarti ikatan, at-tautsiiqu yang berarti kepercayaan atau keyakinan yang kuat, al-ihkaamu yang artinya mengokohkan (menetapkan), dan ar-rabthu biquw-wah yang berarti mengikat dengan kuat. Sedangkan akidah secara terminologi bermakna : sesuatu yang diyakini sesorang, diimaninya dan dibenarkan dengan hatinya baik hak ataupun batil. Kemudian makna akidah ditinjau dari pengertian syariat Islam adalah beriman kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, para malaikat-Nya, kitab-kitab dan rasul-rasul-Nya beriman kepada hari akhir dan taqdir (ketentuan) Allah yang baik maupun buruk. Selanjutnya, dari kata akidah ini dipinjamkan pula beberapa arti yang lain, seperti sumpah setia dan perjanjian. Dalam penggunaan sehari-hari atau secara istilah, khususnya dalam konteks agama, kata akidah lazim diartikan dengan“kepercayaan/keimanan/keyakinan”(1).
     
        Pengertian akidah tersebut di perkuat oleh Desy Anwar dalam kamus Bahasa Indonesia yang berarti kepercayaan atau keyakinan(2). Selanjutnya didukung dalam kitab Mu’jam Al-Fasafi oleh Jamil shaliba yang mengartikan akidah menurut bahasa adalah menghubungkan dua sudut sehingga bertemu dan bersambung secara kokoh(3). Dalam hubungan ini Yusuf Al-Qardawi mengatakan bahwa akidah menurut pengertian yang sebenarnya ialah kepercayaan yang meresap kedalam hati dengan penuh keyakinan, tidak bercampur syak dan ragu, serta member pengaruh terhadap pandangan hidup, tingkah laku dan perbuatan sehari-hari(4).

         Dari berbagai pendapat tentang pengertian akidah tersebut di atas bermakna bahwa betapa pentingnya akidah itu ada dalam diri setiap umat Islam karena merupakan hal pokok yang harus dimiliki seseorang jika ingin memeluk agama Islam. Karena jika akidah tidak sesuai antara praktek dan arti sebenarnya maka akan berakibat sangat fatal yang menyebabkan dangkalnya akidah. Sehingga, akidah harus mutlak kebenarannya. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surah Al-Ikhlas ayat 1-4 :
      Artinya: “Katakanlah: “Dialah Allah yang Maha Esa”.(1) Allah adalah Rabb yang bergantung kepada-Nya segala urusan(2).Dia tidak beranak dan tidak diperanakkan(3). dan tidak ada seorang pun setara dengan-Nya.(4)
(Q.S. Al-Ikhlas : 1-4)
         Dr. ‘Abdullah Bin Muhammad Bin Abdurrahman Bin Ishaq Alu Syaikh dalam Tafsir Ibnu Katsir menyatakan bahwa sesungguhnnya Allah Yang Tunggal dan satu-satunya, yang tiada tandingan, tanpa pembantu, juga tanpa sekutu dan tidak ada yang menyerupai-Nya. Ini menjelaskan bahwa Allah itu Maha Esa yang tidak membutuhkan siapapun, Dialah pemilik segalanya sebagai yang Maha Sempurna. Hal selaras dengan sifat-Nya yang harus diyakini dan di imani dengan akidah yang benar(5).

         Selanjutnya M.Quraish Shihab dalam tafsir Al-Misbah menyatakan bahwa kata Ahad yang di sebutkan dalam surah Al-Ikhlas mengandung arti keEsaan zat Allah yang tidak ada unsur-unsur dan bagian-bagian yang  menyatakan akan  zat Allah Yang Maha Esa yang wajib di imani dan diyakini dengan sepenuh hati tanpa keraguan sedikitpun dan tanpa mensekutukan-Nya(6).

        Kemudian dalam Ensiklopedia Al-Qur’an menyebutkan bahwa kata Ahad biasa diterjemahkan dengan “Esa”. Kata ini ditemukan dalam Al-Qur’an sebanyak 53 kali, akan tetapi hanya sekali yang digunakan sebagai sifat Allah. Ini mengandung isyarat tentang keesaan-Nya yang sedemikian murni, hingga sifat Ahad yang menunjuk kepada-Nya hanya sekali dalam Al-Qur’an, dan hanya ditujukan kepadaNya semata, yaitu pada Q.S Al-Ikhlas (112) ayat 1-4(7). Kata ahad tidak sama dengan kata wahid yang artinya satu, sehingga makna kata Esa tidak sama dengan makna kata satu. Satu adalah bilangan pertama dari bilangan asli matematika dan merupakan bilangan bulat yang dapat dibagi menjadi beberapa bilangan pecahan sampai tak terhingga. Adapun kata Esa sebagai terjemahan dari kata ahad bukanlah bilangan, sehingga tidak dapat dibagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil(8).

      Berdasarkan ayat dan tafsir serta penjelasan di atas penulis menyatakan bahwa Akidah yang benar adalahnya akidah yang merujuk kepada kata Ahad  yang berarti mengesakan Allah SWT tanpa adanya campur aduk dengan yang lain yang dalam artian menyekutukan (menduakan) Allah dengan penuh keyakinan dalam hati tanpa adanya keraguan. Jika seorang umat Islam yang telah menyatakan dirinya menganut ajaran Islam haruslah menyatakan akan keesaan-Nya dengan mengucapkan kalimah syahadat yaitu Tiada Tuhan Selain Allah, dan Muhammad itu Utusan Allah. Kalimat ini bukan hanya sekedar  untuk memenuhi syarat belaka yang hanya sekedar di ucapkan habis perkara, namun kalimat ini mengandung makna yang sangat dalam yang inti dari kalimat syahadat tersebut yaitu akidah Islam yang sebenarnya yang akan terus dipakai oleh umat Islam dalam menjalankan segala aktivitas amal ibadahnnya.

C. Pengertian Ramalan

      Ramalan merupakan suatu ilmu yang dipercaya bisa melihat masa depan orang lain tentang segala aspek kehidupan melalui media alam gaib. Ramalan adalah prediksi mengenai peristiwa-peristiwa yang akan datang. Bentuk ramalan saat ini misalnya, zodiac,shio dan kartu. Kata ramal sendiri diambil dari bahasa Arab yaitu raml yang artinya adalah suatu ilmu untuk menafsir, menilik, melihat atau memprediksi nasib seseorang, atau apa yang akan terjadi di masa depan. Orang yang bekerja meramal disebut sebagai peramal.
     
      Kemudian ramalan bila dilihat dari aspek kebahasaan sendiri dibagi tiga bagian; pertama, ramalan yang berasal dari wahyu Allah SWT kepada para Nabi dan Rasulnya. Ramalan ini terdapat di dalam Kitab suci Taurat, Zabur, Injil dan Al Qur’an. Serta ada juga yang disampaikan melalui para Nabi. Seperti yang disampaikan Nabi Muhammad SAW di dalam haditsnya; kedua, Ramalan Ilmiah, ramalan ini dilakukan oleh para ilmuwan setelah melalui penelitian-penelitian secara ilmiah. Seperti ramalan cuaca, ramalan tanggal kelahiran seorang anak dari ibu hamil; ketiga, Ramalan Mistik. Ramalan ini berdasarkan informasi dari makhluk ghaib atau melalui media lain yang biasa digunakan oleh seorang peramal. Ramalan ini dilakukan oleh paranormal, dukun dan sebutan lainnya.
     
      Pada karya tulis kali ini penulis akan membahas ramalan mistik. Di dalam istilah keislaman sendiri ramalan mistik dikenal dengan tathayyur. Kata ini berasal dari thair yang artinya burung. Sejarah dari tathayyur berawal dari kebiasaan orang Arab pada jaman dahulu, jika seseorang hendak melakukan perjalanan, maka ketika melihat burung terbang menuju arah kanan berarti dia akan mendapat keuntungan. Tapi jika burung tersebut terbang ke arah kiri maka akan terjadi kesialan.
     
      Ada berbagai jenis tathayyur yang sekarang berkembang, seperti astrologi misalnya, ramalan mengenai kehidupan suatu individu yang berdasarkan rasi bintang ini bisa kita temukan diberbagai media disetiap minggunya. Astrology pertama ditemukan di Babylonia, yang mengamati sekaligus meramalkan kejadian dilangit adalah pekerjaan mereka dahulu, selebih itu mereka juga beranggapan bahwa setiap gerak benda-benda dilangit adalah pesan penguasa alam yang harus mereka tafsirkan, kemudian astrology berkembang ke Asia, Eropa dan Timur Tengah, seperti China, India dan Yunani.
     
      Seiring dengan perkembangan zaman, Astrology kemudian berbaur dengan bentuk Astrology yang sudah ada terlebih dahulu, sehingga sekarang kita mengenal tiga aliran besar Astrology yaitu Astrology yang dikembangkan oleh orang-orang Barat, Astrology yang dikembangkan oleh orang-orang China, dan juga Astrology menurut ajaran Hindu (India). sehingga bermunculan 12 lambang zodiac yang dikenal saat ini, yaitu Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagittarius, Capricorn, Aquarius, Pisces.
     
      Kadang Astrologi dan Astronomy dihanggap 2 hal yang sama, padahal keduanya berbeda, Astronomi adalah ilmu yang berurusan dengan Posisi, Energi, Ukuran, Komposisi serta gerakan benda-benda langit. Dalam hal ini adalah pergerakan benda-benda luar angkasa seperti planet, satelit, komet dan lain sebagainya. Khususnya dalam islam untuk kepentingan beribadah, seperti shalat dan puasa. Sedangkan ilmu Astrologi adalah ilmu yang menghubungkan antara gerakan benda-benda tata surya (planet, bulan, dan matahari) dengan nasib manusia. Karena semua planet, matahari, dan bulan beredar di sepanjang lingkaran ekliptik, otomatis mereka semua juga beredar di antara zodiak. Ramalan astrologi didasarkan pada kedudukan benda-benda tata surya di dalam zodiak.
     
      Seseorang akan menyandang tanda zodiaknya berdasarkan kedudukan matahari di dalam zodiak pada tanggal kelahirannya. Misalnya, orang yang lahir awal Desember akan berzodiak Sagitarius, karena pada tanggal tersebut Matahari berada di wilayah rasi bintang Sagitarius. Kedudukan Matahari sendiri dibedakan antara waktu tropikal dan waktu sideral yang menyebabkan terdapat 2 macam zodiak, yaitu zodiak tropikal dan zodiak sideral. Sebagian besar astrolog Barat dan astrolog Indonesia menggunakan zodiak tropikal, dan sejak kini seluruh Dunia Menggunakan zodiak tropical.

D. Jenis-Jenis Ramalan

   Adapun ramalan memiliki berbagai jenis yang arti dan makna serta tujuannya berbeda-beda, yaitu :
1. Palmistry
      Palmistry adalah jenis ramalan ini menggunakan bentuk garis tangan sebagai dasar peramalan. Ilmu ini percaya bahwa beberapa garis yang ada dalam telapak tangan merupakan kondisi dari beberapa pusat otak. Itu merupakan cerminan dari pikiran bawah sadar yang membentuk garis-garis tersebut. Karena garis tersebut mewakili pikiran kita, mereka terus menerus berubah, dalam menjaga harmonitas antara pikiran dan juga sikap kita yang dinamis dan terus berubah. Artinya sikap positif yang kita miliki akan berdampak pada garis lurus yang memiliki arti baik, sedangkan pikiran negatif membuat efek sebaliknya. Maka itu banyak sekali wejangan yang beredar dalam masyarakat kita untuk terus menjaga pikiran positif, dalam arti kata sebenarnya dapat mempengaruhi jalan nasib seseorang.
     
2. Numerology
      Numerology adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan antara nomor dengan beberapa kejadian. Metode ramalan yang menafsirkan arti-arti angka, tanggal dan jumlah huruf.
     
      Numerology memiliki kaitan erat dengan ramalan yang akan terjadi di masa mendatang. Tidak hanya ramalan baik saja, ada juga yang menghubungkan angka tertentu dengan suatu kejadian atau hal negatif, contohnya angka 666 adalah simbol setan.
     
3. Kartu Tarot 
      Tarot adalah sekelompok kartu berjumlah 78 lembar yang umumnya digunakan untuk kepentingan spiritual atau ramalan nasib. 22 kartu disebut Arcana Mayor dan 56 kartu disebut Arcana Minor. Set Tarot yang paling populer adalah Tarot Rider-Waite-Smith yang diciptakan oleh A.E Waite dan ilustrator Pamela Colman Smith. Dokumen sejarah mengindikasikan bahwa Tarot berasal dari Italia. Sampai saat ini, permainan kartu Tarocchi masih sangat populer di Eropa.    

E. Ramalan Menurut Pandangan Islam 

      Ramalan dalam pandangan Islam merupakan salah satu dari ciri-ciri sifat syirik (menyekutukan Allah). Karena dalam ramalan itu pada hakikatnya mempercayai sesuatu yang gaib dari selain Allah dan dalam akidah Islam adalah hal yang terlarang dan merupakan dosa besar yang digolongkan ke dalam kategori ilmu sihir dan bentuk kesyirikan. Karena di dalamnya mengajarkan ramalan tentang kejadian yang belum dan akan terjadi, juga pengakuan mengetahui ilmu gaib yang menjadi kekhususan Allah, seperti rejeki, jodoh, umur, dan lain-lain.
     
      Ramalan atau lebih dikenal sebagai ilmu Astrologi termasuk amalan jahiliyyah yang telah dibatalkan dan diharamkan oleh Islam, dengan penjelasan bahwa itu merusak akidah dan  termasuk perbuatan syirik, karena mengandung ketergantungan kepada selain Allah dan keyakinan adanya manfaat dan mudharrat dari selain Allah. Dalam Islam seorang peramal selain syirik juga dinyatakan kafir karena ia telah mengklaim bahwa dirinya mengetahui sesuatu yang gaib yang sebenarnya hanya diketahui Allah SWT. Bahkan Allah SWT telah menegaskan itu semua dalam firman-Nya surat An-Naml ayat 65 :

      Katakanlah: "tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah", dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan. (Q.S An-Naml : 65)

      M.Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah Menyatakan bahwa  ayat di atas membatalkan kepercayaan menyangkut pengetahuan tentang hal gaib yang diakui oleh para penyembah berhala pada masa jahiliyah.  Ayat tersebut juga memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk mengatakan kepada kaum musyrikin bahkan kepada siapapun bahwa “tidak ada satu makhluk pun di langit dan dibumi yang mengetahui perkara gaib yang mutlak seperti datangnya hari kiamat, kecuali Allah SWT semata-mata” dan mereka kendati bekerja sama, tidak akan berhasil, bahkan tidak merasakan apalagi mengetahui kapan mereka dibangkitkan dari kubur.(9)
     
      Kemudian Dr. ‘Abdullah Bin Muhammad Bin Abdurrahman Bin Ishaq Alu Syaikh dalam Tafsir Ibnu Katsir menyatakan Allah SWT Menyuruh Rasulullah SAW agar mengajarkan kepada seluruh makhluk bahwa tidak ada seorangpun dari kalangan penduduk langit dan bumi yang mengetahui perkara gaib kecuali Allah SWT. Firman Allah “Kecuali Allah” merupakan Istitsna munqathi, yakni tidak ada seorang pun mengetahui itu kecuali Allah Azza Wa Jalla, karena Dialah sendiri Yang Esa tanpa sekutu bagi-Nya yang mengetahui hal gaib. (10)
     
      Dari tafsir dan uraian di atas penulis mengambil kesimpulan bahwa sesungguhnya dialam jagat raya ini baik dlangit maupun dibumi tidak ada satu makhluk pun yang bisa dan mengetahui hal gaib kecuali Allah SWT. Oleh karena itulah, maka barang siapa yang mengaku bisa mengetahui dan bisa meramal masa depan seseorang maka itu hanya kebohongan besar. Bagi umat Islam yang secara terang-terangan maupun tidak, tetapi mempercayai ramalan seseorang maka ia termasuk kepada musyrik dan kafir, karena menyekutukan Allah.
     
      Rasulullah SAW juga mengatakan dalam sebuah hadistnya bahwa orang yang mendatangi dan mempercayai peramal tergolong kepada kafir. Hadist tersebut berbunyi :
     
       Artinya: Dari Abu Hurairah Rasulullah SAW berkata “Siapa yang mendatangi seorang dukun / peramal, lalu mempercayai apa yang ia katakan, maka dia telah kafir kepada apa yang telah diturunkan kepada Muhammad saw” .
( HR. Abu Daud). (11)    

F. Solusi bagi Umat Islam

       Percaya terhadap ramalan seperti yang dicontohkan di atas telah menjadi sesuatu yang tidak asing lagi bagi umat Islam. Jika ini tidak segera di sadari oleh generasi muda, orang tua, masyarakat maupun pemimpin maka tidak tahu apa jadinya generasi muda Islam kedepannya. Oleh karena sangat diperlukan bagi generasi muda perhatian serta bimbingan dari orang tua, kepedulian dari masyarakat, serta tanggungjawab dari pemerintah. Jika dari segala aspek telah bisa bekerjasama dan peduli kepada generasi muda maka akan terciptalah generasi yang tangguh akan segala hal dan prilaku yang akan mendangkalkan akidahnya. Bahkan bisa menjadi penghalang terhadap pendangkalan akidah kedepannya bagi generasi selanjutnnya. Adapun hal yang dapat dilakukan umat islam untuk menghindari kesyirikan dari percaya terhadap ramalan, yaitu ;

Beriman kepada Takdir Allah
      Islam mengajarkan untuk berserah diri pada ketentuan nasib (takdir) sebagai bagian dari iman kepada Qadha dan Qadar Allah. Sikap ini sangat penting untuk membebaskan diri dari segala bentuk peramalan. Sangatlah manusiawi jika manusia mempunyai harapan, impian atau cita-cita di masa depan, namun hal tersebut janganlah keingintahuan yang tinggi kan masa depan menjadikan dia buta sehingga melangar apa yang telah Allah atur. Islam telah mengatur segalanya, Allah mengharamkan segala bentuk dengan pemanfaatan, penggunaan dan/atau mempercayai segala praktek perdukunan (kahanah) dan peramalan (‘iraafah).
     
      Jika seorang mukmin mempunyai harapan, impian atau cita-cita, maka bulatkanlah tekad (azam) lalu bertawakallah kepada Allah, seraya dibarengi dengan ikhtiar (usaha) semaksimal mungkin. Perkara hasil, serahkanlah semuanya kepada Allah karena hasil pada dasarnya merupakan pemberian dari Allah. Allah mempunyai hak penuh untuk mengabulkan sesuai permohonan hamba-Nya atau tidak. Yakinlah apa yang telah Allah rencanakan itu adalah baik, jangan gunakan kacamata manusia. Allah SWT berfirman:
 “… apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” (QS. Ali Imran [3] : 159).

      Berdoalah kepada Allah hal-hal yang baik untuk masa yang akan datang, karena doa adalah senjata orang yang beriman. Jika hasil sudah sesuai harapan (diberi nikmat) maka bersyukurlah, namun jika belum sesuai harapan (ditimpa musibah) maka bersabarlah karena segala urusan seorang beriman adalah baik, sebagaimana Nabi bersabda: “Aku takjub dengan perihal orang yang beriman. Semuanya ada kebaikan. Tidak ada sesuatu kebaikan pun kecuali ianya untuk orang beriman. Apabila diberikan sesuatu nikmat, dia bersyukur. Maka itu baik baginya. Apabila diuji dengan suatu ujian, dia akan bersabar. Maka itu juga baik baginya” (Hadis Riwayat Imam Muslim).
     

G. Penutup

1. Kesimpulan
   Berdasarkan uraian di atas dapat diambil kesimpulan mendasar tentang ramalan dan pendangkalan akidah yang terjadi saat ini, yaitu :
a. Ramalan merupakan perbuatan syirik yang dilarang oleh Allah SWT, dan bagi pelaku baik yang meramal dan yang mempercayai hasil ramalannya maka berdosa besar.
b. Islam mengajarkan umatnya untuk tidak percaya dan menghindari ramalan. Salah satu langkahnya umat Islam diajarkan untuk percaya dan yakin terhadap adanya takdir yang sudah Allah SWT tetapkan. Selanjutnya bagi umat Islam yang memiliki keinginan dan cita-cita dalam sesuatu hal harus berikhtiar atau berusaha dan dibarengi dengan doa. Setelah usaha dan doa dilakukan maka umat Islam harus bertawakal menerima segala sesuatu yang didapatkan. Jika hasil sudah sesuai harapan (diberi nikmat) maka bersyukurlah, namun jika belum sesuai harapan (ditimpa musibah) maka bersabarlah karena segala urusan seorang beriman adalah baik, sebagaimana Nabi bersabda: “Aku takjub dengan perihal orang yang beriman. Dengan demikian umat Islam tidak perlu untuk percaya terhadap ramalan yang hanya kebohongan belaka serta sangat dilarang oleh Allah SWT.
2. Saran
a. Kepada umat Islam dilarang untuk percaya terhadap ramalan dan melakukan ramalan terhadap orang lain
b. Umat Islam harus percaya dan meyakini bahwa sesungguhnya manusia memiliki takdir hidup masing-masing yang sudah ditentukan Allah SWT


Endnote
1. Dr. Suryan A. Jamrah. MA, Studi Ilmu Kalam, Pekanbaru: UIN SUSKA Riau dan LSFK2P, 2007. Hal 35
2. Desy Anwar, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: AMELIA, Tanpa Tahun.hal 23
3. Prof. Dr. H. Abuddin Nata. MA, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.hal 84
4. Ibid.hal 85
5. Dr. Abdullah Bin Muhammad Bin Abdurrahim Bin Ishaq Alu Syaikh, Tafsir ibnu Katsir, jilid 8, Bogor: Pustaka Imam Syafi’I, 2006.hal 111-112
6. M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah Pesan, kesan, dan Keserasian Al-Qur’an jilid9, Jakarta: Lentera Hati, 2009. hal 457-460
7. M.Quraish Shihab, Ensiklopedia Al-Qur’an, Jakarta: Tanpa Penerbit dan Tanpa Tahun. 2011.hal 60-67
8. Kusnadi, Akidah Islam dalam Konteks Ilmiah Populer, Jakarta: Amzah, 2007.hal 2
9. M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah Pesan, kesan, dan Keserasian Al-Qur’an jilid10, Jakarta: Lentera Hati, 2002. hal 259-261
10. Dr. Abdullah Bin Muhammad Bin Abdurrahim Bin Ishaq Alu Syaikh, Tafsir ibnu Katsir, jilid 3, Bogor: Pustaka Imam Syafi’I, 2000.hal 648-649
11. Ibnul Qayyim Al-Jauziyah, Kesesatan Ramalan Bintang, Jakarta: Akbar, 2004. Hal 32.
     
     

Daftar Pustaka

Al-Qur’an dan Terjemahan
A. Jamrah Suryan, Studi Ilmu Kalam, Pekanbaru: UIN SUSKA Riau dan LSFK2P, 2007.

Anwar Desy, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: AMELIA, Tanpa
Tahun.

Nata Abuddin, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Alu Syaikh Abdullah Bin Muhammad Bin Abdurrahim Bin Ishaq, Tafsir ibnu
Katsir, jilid 8, Bogor: Pustaka Imam Syafi’I, 2006.

Shihab M. Quraish, Tafsir Al-Misbah Pesan, kesan, dan Keserasian Al-Qur’an jilid9, Jakarta: Lentera Hati, 2009.

Shihab M.Quraish, Ensiklopedia Al-Qur’an, Jakarta: Tanpa Penerbit. 2011.

Kusnadi, Akidah Islam dalam Konteks Ilmiah Populer, Jakarta: Amzah, 2007.

Shihab M. Quraish, Tafsir Al-Misbah Pesan, kesan, dan Keserasian Al-Qur’an jilid10, Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Alu Syaikh Abdullah Bin Muhammad Bin Abdurrahim Bin Ishaq, Tafsir ibnu Katsir, jilid 3, Bogor: Pustaka Imam Syafi’I, 2000.

Al-Jauziyah Ibnul Qayyim, Kesesatan Ramalan Bintang, Jakarta: Akbar, 2004.      

0 komentar:

Post a Comment