Pondok M2IQ Gelar Pelatihan Gratis

*Berita ini telah dimuat di Koran Tribun Pekanbaru, 13 Mei 2013, hlm. 16.

       Pekanbaru, Pondok Menulis Makalah Ilmiah al-Qur’an (M2IQ) Riau menggelar pelatihan M2IQ gratis. Acara ini telah dimulai sejak bulan lalu, setiap hari sabtu pagi, dan akan tetap berlanjut. Pelatihan ini dipusatkan di dua tempat; Mushala al-Ishlah Perum. Asta Regency Panam dan Perpustakaan UIN Suska Riau.

“Pelatihan ini bertujuan untuk melahirkan penulis muda Qur’ani, yang tidak hanya mahir dan juara dalam musabaqah menulis makalah ilmiah al-Qur’an, tetapi juga mampu menulis di berbagai media dan menerbitkan buku. Karena menurutnya, cita-cita luhur dari cabang M2IQ yang diperlombakan di panggung MTQ itu adalah untuk melahirkan penulis muda yang siap menyampaikan pesan al-Qur’an lewat karya tulis, terutama di media,” ujar Pimpinan Pondok M2IQ, Susanto Al-Yamin kepada Tribun, Minggu (12/5).

Selain pelatihan M2IQ yang merupakan salah satu cabang lomba pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Pondok M2IQ Riau juga melatih peserta untuk menjadi penulis artikel di media. Bahkan Pondok M2IQ juga bercita-cita untuk menerbitkan tulisan-tulisan binaannya dalam bentuk buku.

Pelatihan ini diberikan secara gratis. Menurut Susanto, walaupun tanpa kucuran dana dari pihak manapun, pelatihan gratis ini tetap berjalan lancar dan tidak mengurangi kualitasnya. Karena dalam pelatihan ini, para peserta dilatih oleh beberapa penulis yang berpengalaman dan juara M2IQ Nasional. 

Sejauh ini, sudah ada beberapa tulisan binaan Pondok M2IQ yang telah dimuat di media, baik cetak maupun online.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada kawan-kawan panitia pelatihan yang telah bekerja keras. Begitu juga kepada para pelatih yang tulus meluangkan waktunya, sehingga pelatihan ini berjalan lancar dan membuahkan hasil. Semoga hal ini bisa menjadi contoh bagi beberapa Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) untuk lebih serius lagi membina putra daerahnya masing-masing”, kata Susanto.

Sementara itu, Zani, salah seorang peserta pelatihan, mengaku senang dan berterimakasih karena bisa mengikuti pelatihan ini. Karena menurutnya, selain gratis pelatihan ini sangat santai dan tidak kaku. Sehingga ia bisa menggali ilmu dengan nyaman dari pelatih-pelatih yang telah berpengalaman.

Sampai saat ini, panitia masih menerima peserta baru. Bagi yang berminat dapat mengikuti pelatihan ini. Untuk pelatihan selanjutnya, dilaksanakan setiap sabtu minggu kedua dan keempat pukul 09.00 WIB. Informasi lebih lanjut silakan hubungi email: pondokm2iqriau@gmail.com.



PONDOK M2IQ RIAU



0 komentar:

Post a Comment