Pondok M2IQ Gelar Seminar Dakwah Lewat Tulisan

     PEKANBARU (PM2IQR) – Senin (26/11), Pondok M2IQ Riau bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah (HMJ-MD) UIN Suska Riau menggelar seminar nasional “Berdakwah Lewat Tulisan”. Acara yang dilaksanakan di gedung teater Fakultas Dakwah ini, dihadiri oleh ketua jurusan Manajemen Dakwah (MD), Toni Hartono, M.Si, ketua HMJ MD, Habiburrahman, dan diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas di UIN Suska Riau.

   Menurut pimpinan Pondok M2IQ Riau, Susanto Al-Yamin, acara ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat menulis di kalangan generasi muda dan mencari kader peserta Musabaqah Menulis Isi Kandungan al-Qur’an (M2IQ) pada helat akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), baik untuk tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. Susanto juga memperkenalkan Pondok M2IQ Riau sebagai wadah berkumpulnya para penulis muda qur’ani Riau.

    “Semoga Pondok M2IQ Riau mampu melahirkan penulis muda qur’ani dan bisa membangun peradaban buku seperti yang telah dibangun oleh para ulama pada masa kejayaan Islam”, demikian harap Susanto.

      Dalam acara ini, panitia menghadirkan pembicara yang telah berpengalaman dalam menulis. Di antaranya, penulis nasional asal Riau, Griven H. Putera dan kandidat Doktor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Alimuddin Hassan Palawa.

     Dalam paparannya, Griven menyampaikan materi tentang strategi menulis indah dan menarik, sementara Alimuddin Hassan lebih banyak berbicara tentang Dakwah Qur’ani.

       Menurut Griven, “Semua orang mencintai keindahan dan kebenaran. Maka tulislah suatu ide yang bernas itu dengan bahasa yang indah sehingga ia menjadi bacaan yang dinikmati masyarakat. Banyak tulisan yang bernas tapi tak sampai ke minda pembaca karena penulisnya terlampau sibuk dengan ide-ide besar saja tapi bahasanya tak indah dan tak komunikatif.”

     Ketua panitia acara, Ilham Ginting, mengatakan acara ini sebagai langkah awal untuk menumbuhkan minat menulis di kalangan generasi muda. Selanjutnya akan diadakan pelatihan dan pembinaan khusus melalui Pondok M2IQ Riau.

     “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung acara ini. Tanpa bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, acara ini tidak akan sukses”, ujar Ilham.

0 komentar:

Post a Comment